Skill yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja

Tidak cuma nilai atau IPK tinggi saja, skill menjadi aspek penting yang dibutuhkan di dunia kerja. Apa saja itu? Berikut penjelasannya

Skill Penting Di Dunia Kerja

Skill di Dunia Kerja – Saat ini, banyak perusahaan yang mulai mencari kandidat dengan kemampuan yang sesuai standar perusahaan.

Tak hanya jago di bidang akademik saja namun perusahaan pun juga akan mempertimbangkan aspek kemampuan atau skill personal yang dimiliki oleh calon karyawannya.

Perlu untuk kamu ketahui dan pahami bahwa dalam dunia kerja, ada beberapa skill yang dibutuhkan dan banyak jadi pertimbangan perusahaan. Bahkan, menjadi hal yang diprioritaskan daripada nilai akademis.

Tentu saja, ini menjadi kesempatan buat kamu yang mungkin nilai akademiknya pas-pasan namun bisa mengembangkan aspek skill personal kamu.

Lantas, kira-kira kemampuan apa sih yang mampu menarik setiap perusahaan sebagai pertimbangan untuk menerima atau tidaknya calon karyawan? Semakin penasaran bukan?

Nah, buat kamu para pencari kerja, berikut skull di dunia kerja yang sangat dibutuhkan dan akan jadi nilai plus buat kamu yang bisa mengasahnya.

Skill yang Dibutuhkan dalam Perkerjaan

Berbeda dengan nilai akademik, skill personal tentunya dimiliki oleh setiap orang dan tak dipengaruhi oleh nilai akademis. Berikut skill penting yang dibutuhkan banyak perusahaan.

1 . Komunikasi yang Komunikatif

Maksudnya apa sih? Tentu, kamu sebagai seorang calon karyawan harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Yakni, komunikasi yang mampu memberikan penjelasan secara detail dalam bahasa yang mudah dipahami oleh audience.

Tentu saja, aspek ini sangat tidak berpengaruh dari nilai akademis. Karena, kemampuan seperti ini tentu dimiliki bagi calon karyawan yang sering mengasah kemampuan komunikasinya.

2. Attitude

Attitude atau sopan santun menjadi aspek penting lain yang tentunya akan sangat jadi pertimbangan setiap perusahaan.

Attitude yang baik dari seorang calon karyawan lebih menarik di mata perusahaan dibandingkan nilai akademis.

Karena, dari attitude yang baik tentu akan melahirkan calon karyawan yang mampu beradaptasi dengan berbagai lingkungan kerja.

Di sini, jika kamu terbiasa dengan attitude yang baik tentu bisa menjadi senjata buat kamu agar menarik pihak perusahaan.

3. Kemampuan Mencari Jalan Keluar

Dalam aspek lain, kemampuan atau skill yang dibutuhkan perusahaan dalam dunia kerja adalah problem solver.

Yang mana, kamu harus mampu selalu menemukan cara untuk menganalisi sekaligus memecahkan berbagai masalah dengan solusi terbaik.

Kemampuan seperti ini tentu saja dimiliki oleh orang-orang yang memiliki pengalaman yang sering berorganisasi.

Maka dari itu, jika kamu ingin berpeluang diterima perusahaan, sebaiknya carilah pengalaman dengan ikut organisasi positif untuk mendapatkan pelajaran baru soal bagaimana menganalisis sekaligus memecahkan masalah.

Karena, kemampuan atau skill seperti ini sangat jarang ditemui. Sehingga, pengalaman atau kemampuan dalam mencari problem solver sangat berarti bagi para calon karyawan. Terkhusus yang hendak melamar ke sebuah perusahaan.

4. Jujur

Kemudian, jujur adalah aspek paling penting yang akan jadi bahan pertimbangan mendalam oleh pihak perusahaan.

Karena, kejujuran itu mahal harganya dan sangat penting dalam menjaga performa kamu saat ketrima kerja di perusahaan.

Oleh karenanya, saat melakukan tes wawancara, sebaiknya sampaikan jawaban yang sejujur-jujurnya. Sebab, terkadang pihak pewawancara bukan ingin mendengar jawaban melainkan ingin mengetes kejujuran.

Dari berbagai aspek penting di atas, tentu saja tak hanya nilai akademis saja yang jadi prioritas. Melainkan, aspek lain seperti beberapa skill personal yang justru menjadi pertimbangan mendalam yang seringkali diperhitungkan oleh perusahaan.

Untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai loker Semarang, kamu bisa cek di LokerSemar.id yang menawarkan info lowongan pekerjaan lengkap.

Bagikan
Follow LokerSemar.id Ikuti Kami