Cara Menjadi Manajer HRD yang Profesional dan Baik

Tips untuk menjadi seorang manajer HRD secara profesional

Cara Menjadi Manajer HRD

Cara Menjadi Manajer HDR – Pekerjaan manajer HRD memang salah satu jenis pekerjaan yang paling menjanjikan bukan? Tetapi sayangnya, tidak sedikit dari mereka yang ternyata tidak bekerja dengan professional didalam lingkup manajemen sumber daya manusia dalam proses mencapai tujuan dari perusahaan. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang kurang mempunyai hubungan baik dengan para karyawan.

Padahal seharusnya seorang manajer HRD memang harus memiliki hubungan yang baik dengan karyawan agar perusahaan bisa mencapai tujuannya dengan baik. Tetapi sayangnya, di lapangan tidak sedikit dari HRD yang justru melupakan tugas utama mereka yang berhubungan langsung dengan para karyawan.

Cara Menjadi Manajer HRD yang Professional

Seorang manajer HRD memang harus mengerjakan tugasnya dengan baik sekaligus mampu untuk menjadi pemimpin yang bijaksana. Mulai dari proses perekrutan, melakukan penyusunan perusahaan hingga mampu memenuhi hak-hak yang dimiliki oleh para karyawan. Dengan begini maka tempat kerja memiliki suasana yang nyaman bagi para karyawan.

Untuk itulah sangat penting bagi anda untuk mengetahui bagaimanakah cara untuk menjadi seorang manajer HRD yang baik dan professional.

  1. Cobalah berhenti menghitung berbagai macam hal

Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan para manajer HRD adalah selalu menghitung berbagai macam hal seperti jam, hari, jadwal hingga lainnya. Untuk itulah, sebaiknya membuka diri untuk berkomunikasi lebih terbuka kepada rekan kerja.

Cobalah untuk mencaritahu apa saja kebutuhan maupun kepentingan karyawan dan apa yang harus dilakukan oleh seorang manajer agar dapat memimpin dan mampu meningkatkan efektivitas dalam pekerjaan.

  1. Membiasakan diri untuk lebih banyak mendengarkan

Seorang manajer HRD yang baik juga akan selalu mendengarkan lebih banyak. Tetapi ternyata hanya sedikit yang melakukan pekerjaan satu ini. Apabila anda tidak mengetahui seperti apakah cara mendengarkan yang baik, cobalah mulai untuk berlatih dengan teman maupun keluarga.

Cobalah mendengarkan mereka dengan baik terlebih dahulu. Dengan membiasakan diri buat mendengarkan, anda pasti mengetahui masalah-masalah karyawan yang mungkin belum berani disampaikan.

  1. Cobalah mengamati tanda-tanda non verbal

Tidak sedikit dari seseorang yang mempunyai kemampuan untuk berkomunikasi dengan menggunakan bahasa tubuh maupun ekspresi dibandingkan dengan kata-kata. Untuk itulah sebaiknya anda juga memperhatikan bahasa tubuh maupun tanda-tanda non verbal yang dilakukan oleh karyawan.

Sebagai mana contohnya anda bisa memperhatikan seperti apakah mereka berinteraksi dengan orang lain dan siapa orang yang meringis hingga memalingkan mata ketika berkomunikasi. Dengan begini maka anda akan lebih paham dengan keadaan di sekitar.

  1. Jangan hanya menjadi teman tetapi jadilah pemimpin

Tips menjadi manajer HRD yang berikutnya adalah sebaiknya anda tidak menjadi teman tetapi jadilah seorang pemimpin. Pada intinya, seorang manajer HR memang diharuskan buat mempunyai akal sehat, rasa kemanusiaan hingga inovasi-inovasi. Anda juga harus bertindak seperti para karyawan lainnya dan jangan lupa melakukan sosialisasi.

  1. Jangan lupa buah belajar diam

Kebiasaan dari para manager HRD adalah mereka memiliki kebiasaan untuk lebih banyak berbicara. Padahal akan lebih baik buat sesekali belajar untuk diam. Dan cobalah untuk lebih banyak mendengarkan.

Selain itu, cobalah pelajari untuk membaca seperti apakah mimic wajah lawan ketika tengah menyampaikan sesuatu. Cara ini akan membantu anda buat menemukan calon pemimpin yang tepat seperti contohnya untuk promosi demi kesehatan dari perusahaan.

Menjadi seorang manager HRD memang menjadi tantangan tersendiri. Anda tentunya tidak ingin dicap negative oleh karyawan bukan? untuk itulah ketahui bagaimana tips dalam menjadi manajer HRD yang professional dan baik.

Lihat lowongan kerja Semarang terbaru secara mudah di LokerSemar.id

Bagikan
Follow LokerSemar.id Ikuti Kami