Baru Mulai Pekerjaan Baru? Simak Tips Penting Hari Pertama Kerja Ini

Hari pertama kerja pastinya akan dihadapkan dengan perasaan yang campur aduk antara bahagia, bingung dan khawatir.

Tips Penting Hari Pertama Kerja Ini

Baru Mulai Pekerjaan Baru? Simak Tips Penting Hari Pertama Kerja Ini – Biasanya hari pertama kerja adalah hari yang paling menentukan kesan rekan-rekan kerjamu selanjutnya. Wajar memang, mereka ingin mengetahui dan mengenalmu lebih jauh. Nah, agar kesan pertamamu baik di mata atasan serta rekan kerjamu, yuk simak tips hari pertama kerja berikut. Biar kamu lebih siap dan mantap menghadapi hari kerja pertamamu.

Tips Penting Hari Pertama Kerja Ini

  1. Memakai Pakaian yang Tepat

Cara kamu berpakaian merupakan hal pertama yang mau tak mau akan dilihat oleh rekan kerjamu. Mereka secara tidak langsung akan menilai bagaimana sikap dan kepribadian dirimu melalui cara kamu berpakaian.

Jadi, jangan sepelekan masalah pakaian ini. Tak harus memakai pakaian yang mahal. Pilih saja pakaian yang sesuai dengan suasana kantormu, apakah formal atau semi formal. Pastikan juga pakaian yang kamu kenakan bersih, rapi serta enak dilihat alias matching atau sesuai antara atasan dan bawahan.

Usahakan juga agar tak terkesan berlebihan. Berpakaianlah dengan simpel dan elegan. Jika takut pakaianmu tak matching, lebih baik kamu memilih warna netral. Bisa juga dengan menyerasikan tone warna antara atasan dan bawahan yang kamu kenakan.

  1. Datang On Time

Jika karyawan lama saja dituntut untuk datang tepat waktu, apalagi kamu yang baru pertama masuk kerja. Jadi, jangan sampai kamu datang telat. Hal itu akan memberikan kesan pertama yang kurang baik. Bahkan, sebaiknya kamu datang lebih awal dari jam masuk yang ditentukan. Hal ini akan menunjukkan komitmen dan kesungguhanmu dalam bekerja.

  1. Temui Rekan Kerjamu

Cobalah untuk menemui rekan-rekan kerjamu satu per satu. Ajak mereka berkenalan dan ingat baik-baik nama mereka. Hal tersebut akan membuat mereka merasa kamu hargai. Dengan demikian, mereka juga akan lebih responsif terhadap dirimu.

  1. Memulai Komunikasi

Tak hanya menemui dan berkenalan. Sebaiknya kamu juga berusaha untuk memulai komunikasi yang lebih banyak dengan mereka. Terutama yang menyangkut pekerjaan. Jangan takut untuk minta saran dan bantuan dari rekan kerjamu jika memang kamu mengalami kesulitan dalam melakukan tugas kantor.

Bagaimanapun kalian nantinya akan saling membutuhkan satu sama lain. Kerja sama yang baik tentu dibutuhkan. Tapi yang harus diingat adalah, jangan sampai kamu mengganggu mereka saat sedang sibuk bekerja. Temukan situasi dan kondisi yang tepat untuk memulai komunikasi dengan mereka.

  1. Jangan Malu Untuk Bertanya

Bertanya merupakan salah satu cara untuk menunjukkan eksistensimu. Keberadaanmu pun secara tidak langsung akan diakui. Ini juga bisa menjadi sarana bagimu untuk menunjukkan pengetahuan dan kecakapan yang kamu miliki.

  1. Mencoba Mendengarkan dengan Baik

Cobalah untuk mendengarkan berbagai informasi yang diberikan saat rapat atau apa yang dijelaskan oleh atasan kepadamu dengan baik. Cari tahu informasi sebanyak mungkin tentang kantormu dengan mendengarkan rekan kerjamu.

Tak hanya urusan formal, informasi ringan mengenai kondisi kantor yang dibicarakan saat jam istirahat pun juga penting untuk kamu simak. Siapa tahu informasi tersebut berguna. Pasti kamu tak mau kan blank terlalu lama mengenai seluk beluk kantormu. Ini juga akan membantumu untuk lebih mudah beradaptasi.

Namun, yang perlu kamu ingat adalah hindari mendengarkan gosip. Karena itu akan mempengaruhimu untuk bersikap dan berpikiran negatif. Padahal belum tentu itu benar adanya.

  1. Libatkan Diri dalam Kegiatan Kantor

Tunjukkan kemampuan yang kamu miliki dengan ikut terlibat dalam kegiatan kantor. Sekecil apapun itu. Jangan takut untuk mengajukan diri dalam proyek kantormu.

Tapi, pastikan juga kegiatan itu memang bidangmu dan sesuai dengan kapabilitas yang kamu miliki. Jangan sampai alih-alih ingin menunjukkan kemampuan diri, malah akhirnya membuat rekan kantor ragu akan performa kerja yang kamu miliki.

  1. Tunjukkan Sikap yang Positif

Sebisa mungkin tunjukkan siap yang positif dan percaya diri yang baik. Walaupun sebenarnya kamu grogi dan masih bingung mau melakukan apa, jangan perlihatkan sikap tersebut. Tutupilah dengan ekspresi wajah yang ceria, keramahan, dan tebarkanlah senyum kepada rekan-rekan kerjamu.

  1. Jangan Pulang On Time

Pada hari pertama kerja, mungkin kamu tak akan banyak dibebani pekerjaan. Namun, alangkah baiknya jika kamu tidak pulang dengan on time. Beri jeda 10-15 menit setelah jam pulang. Ini akan memberi kesan bahwa kamu mempunyai komitmen dan kesungguhan dalam pekerjaanmu.

Demikian tips hari pertama kerja yang dapat kami berikan. Semoga tips ini bisa membantumu agar lebih siap dan tidak grogi untuk memulai hari pertama kerja. Tetap santai dan tenang ya

LokerSemar.ID selalu memberikan info lowongan kerja terbaru

Bagikan
Follow LokerSemar.id Ikuti Kami