Tips Bertahan di Dunia Kerja agar Tidak Cepat Tumbang

Dunia kerja yang sesungguhnya memang tidak semanis kelihatannya, kamu harus siap menghadapi tantangan.

Tips Bertahan Di Dunia Kerja Agar Tidak Cepat Tumbang

Tips Bertahan di Dunia Kerja agar Tidak Cepat Tumbang – Memiliki pekerjaan yang tetap tidak lantas membuat masalah dalam hidup terampungkan. Anda justru akan menghadapi tantangan yang lebih banyak dan tidak bisa diprediksi sehingga menuntut ketangguhan untuk bertahan sampai akhir. Tidak perlu khawatir karena Anda hanya perlu melakukan beberapa tips bertahan di dunia kerja yang sederhana namun berdampak besar.

Tips Bertahan di Dunia Kerja yang Semakin Keras

  1. Penting untuk Mengelola Waktu dan Uang

Manajemen waktu yang baik dibutuhkan agar Anda tidak stres dengan pekerjaan. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan membuat skala prioritas pekerjaan yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Selain itu, sisipkan alokasi waktu untuk istirahat dan refreshing walaupun sebentar karena hal tersebut akan membuat Anda tetap bahagia di tengah tekanan kerja.

Manajemen keuangan juga harus Anda perhatikan. Memanjakan diri sendiri setelah gajian memang tidak salah, hanya saja Anda perlu mempertimbangkan kebutuhan lain yang lebih mendesak untuk dipenuhi. Jangan sampai terlalu berfoya-foya saat mendapat banyak uang. Sisihkan berapa persennya untuk ditabung guna mencukupi keperluan di masa datang atau keperluan mendadak yang tidak terduga.

  1. Jangan Sungkan Mengatakan “Tidak”

Menjadi ‘malaikat’ di dunia kerja bukanlah pilihan yang tepat karena akan merugikan diri sendiri nantinya. Jangan terlalu mudah mengatakan “Ya” untuk setiap bantuan yang rekan Anda minta. Pertimbangkan terlebih dahulu kesanggupan untuk melakukan hal yang diminta, sisa waktu yang Anda punya, seberapa penting hal tersebut dan tanggungjawab yang harus Anda selesaikan.

Jangan ragu-ragu untuk menolak apabila Anda merasa tidak sanggup karena pekerjaan sendiri juga menumpuk. Namun, lakukan penolakan tersebut dengan sopan disertai alasan yang mendukung sekalipun dengan rekan kerja yang dekat. Dengan melakukan hal tersebut, mereka tidak akan merasa malu, terlukai, hingga membenci Anda. Selain itu, Anda pun akan lebih dihargai.

  1. Jadilah Mandiri!

Agar mampu bertahan di dunia kerja, tinggalkan sifat cengeng dan sikap suka bergantung kepada orang lain. Anda harus menjadi pribadi yang mandiri, bisa mengandalkan diri sendiri untuk melakukan tugas yang dibebankan. Tanamkan pada diri bahwa Anda mungkin tidak akan selamanya berada di kantor atau divisi yang sama dengan rekan Anda.

Kebergantungan juga bukan hanya soal urusan kerja. Misalnya, Anda selalu butuh ditemani saat pergi ke suatu tempat atau butuh untuk ditemani liburan padahal rekan Anda tidak selalu free. Namun, jangan jadikan prinsip kemandirian sebagai alasan untuk tidak mau membantu orang lain. Saling memberi uluran tangan dalam pekerjaan tetap harus dilakukan karena Anda adalah makhluk sosial. Hanya saja, perlu adanya pembatasan.

  1. Kuasai Skill Lain

Dunia kerja memang terkenal keras. Anda harus bertahan dengan segala cara agar tidak menjadi jobless. Salah satu caranya adalah dengan mempelajari bahasa asing entah itu bahasa Inggris atau bahasa lain yang banyak dibutuhkan di Indonesia. Apabila Anda menguasai bahasa Jepang, misalnya, kemungkinan besar atasan akan selalu membutuhkan Anda untuk berhubungan dengan klien dari Jepang.

Selain itu, bahasa asing juga dapat membuat hidup Anda setidaknya lebih terjamin. Apabila besaran gaji dari kantor kurang mencukupi kebutuhan hidup. Anda bisa memanfaatkan kemahiran bahasa asing untuk menambah penghasilan dengan membuka kelas les mingguan atau kelas online. Anda juga bisa mengambil part time menjadi tour guide di tempat wisata terdekat.

Bertahan di dunia kerja yang keras tidak hanya bisa dilakukan oleh pegawai berprestasi atau pegawai dengan IPK tertinggi saat kuliah. Siapa saja bisa melakukannya asalkan mau berusaha sekuat tenaga, memperhatikan peluang besar yang ada, dan pikirannya mau diajak untuk lebih maju. Benar memang apa kata orang, tuntutan akan mendesak seseorang untuk lebih kreatif dan giat.

Cari info lowongan kerja Semarang terbaru bisa cek di LokerSemar.ID

Bagikan
Follow LokerSemar.id Ikuti Kami