Cara yang Tidak Banyak Diketahui untuk Mengembalikan Semangat saat Malas Bekerja

Dalam menjalankan rutinitas pekerjaan, pasti akan menemukan rasa bosan dan malas bekerja. Cara berikut ini bisa kamu pelajari.

Cara Yang Tidak Banyak Diketahui Untuk Mengembalikan Semangat Saat Malas Bekerja

Cara yang Tidak Banyak Diketahui untuk Mengembalikan Semangat saat Malas Bekerja – Setiap orang pasti tahu kalau rasa malas menghalangi diri dari sikap produktif saat bekerja. Oleh sebab itu, saat malas datang Anda harus melawannya dengan kegiatan yang berdampak positif. Kejenuhan dan kelelahan yang berlebihan dapat menjadi penyebab utama. Walaupun terasa sulit untuk langsung mengembalikan semangat saat malas bekerja, namun dengan mencobanya pelan-pelan pasti akan berhasil.

Cara Ampuh Mengembalikan Semangat saat Malas Bekerja

  1. Mulailah Gerakkan Badan

Saat merasa malas bekerja, Anda akan cenderung berlama-lama rebahan atau duduk tanpa melakukan apapun. Cara terbaik untuk mengubahnya adalah dengan melakukan peregangan walaupun gerakannya sederhana karena akan membuat tubuh lebih segar. Beberapa jenis peregangan yang dapat dilakukan tanpa berdiri:

  • Senam tangan dengan cara menepuk-nepuk punggung tangan menggunakan telapak tangan yang satunya, lakukan secara bergantian. Selanjutnya, tarik ujung jari ke bagian belakang secara bergantian. Selain itu, lakukan gerakan menekan telapak tangan menggunakan ujung ibu jari. Tekanlah secara perlahan di beberapa titik secara berulang kali. Tujuan melakukan senam tangan adalah untuk melancarkan peredaran darah pada tangan;
  • Senam leher dengan cara memiringkan leher dan mengangkat tangan untuk menyentuh telinga kiri, lakukan secara bergantian dengan tangan kanan dan ulangi hingga 6 kali. Gerakan ini akan membuat Anda tahan menatap komputer lebih lama;
  • Angkat beban ringan menggunakan benda yang ada di rumah seperti botol berisi air, buku yang tebal atau toples makanan yang masih penuh.
  1. Buatlah ‘To-Do-List’ di Hari Itu

Apabila terlalu malas untuk menulis, cobalah ingat-ingat apa saja tanggungjawab Anda hari itu. Urutkan berdasarkan prioritas mana tugas yang harus didahulukan. Alokasikan juga waktu yang dibutuhkan untuk setiap pekerjaan. Dengan memikirkan hal tersebut, maka akan timbul kesadaran untuk segera menyelesaikannya. Apabila terlalu lama ditunda justru akan membebani Anda.

  1. Ucapkan Kata-Kata Motivasi Favorit

Rasa malas harus dilawan karena bisa membuat Anda tidak produktif. Salah satu perlawanan yang bisa dicoba adalah dengan mengingat kata motivasi yang Anda sukai dan mengucapkannya berulang-ulang untuk mensugesti diri agar mau bangkit. Kata-kata motivasi bagaikan mantra ajaib yang ‘menghipnotis’ diri Anda dalam artian yang positif.

Kata-kata tersebut bisa bersumber dari nasihat orang tua, kutipan dari buku yang Anda baca, kutipan dari film yang Anda suka, perkataan dari tokoh yang terkenal, atau bahkan kata-kata yang Anda ciptakan sendiri sebagai motivasi. Anda juga bisa menuliskan mantra ajaib tersebut dan menempelkannya di dinding kamar atau menjadikannya wallpaper handphone. Dengan begitu, Anda bisa terus mengingatnya.

  1. Janjikan Hadiah untuk Diri Sendiri

Merasa malas dan kehilangan motivasi untuk bekerja memang banyak dialami orang. Namun, jangan menganggap hal tersebut sebagai sesuatu yang wajar lalu membiarkannya sembuh sendiri. Anda harus melakukan usaha untuk menghilangkannya. Salah satunya adalah dengan memberikan hadiah kepada diri sendiri atas kerja keras yang telah dilakukan. Diibaratkan, hadiah adalah sebagai bentuk penghargaan.

Saat malas, janjikan kepada diri sendiri misalnya “setelah tugas ini selesai, aku akan memakan donat lezat yang mahal itu.” atau “sepulang kerja aku akan membeli minuman yang sedang hits di kalangan rekan kerja.” atau “kalau sampai tidak ada revisi dari atasan, aku akan merayakannya dengan membeli paket buku bundel dari penulis favorit.”

Malas yang menyerang saat Anda harus bekerja memang menyulitkan. Anda harus berjuang agar hal tersebut tidak mengganggu target pekerjaan hari itu. Selain melakukan tips yang sudah disebutkan, Anda juga harus mulai menerapkan gaya hidup yang sehat karena hal tersebut bisa menyebabkan rasa malas. Hindari makan berat sebelum tidur, melewatkan jam sarapan, dan kurang olahraga.

Temukan Loker terbaikmu di LokerSemar.ID

Bagikan
Follow LokerSemar.id Ikuti Kami