Mau Melamar Pekerjaan tapi Kena Blacklist Perusahaan? Mungkin Ini Penyebabnya

Berhati-hatilah dalam melamar pekerjaan, Melamar pekerjaan juga mempunyai etika yang harus kamu ketahui

Agar Nggak Terblacklist Perusahaan, Pastikan Kamu Menghindari Hal Hal Yang Nggak Menyenangkan Perusahaan

Mau Melamar Pekerjaan tapi Kena Blacklist Perusahaan? Mungkin Ini PenyebabnyaSetiap harinya, lowongan kerja pasti ada saja, malah sangat banyak. Tapi, buat sebagian orang mencari kerja bukan perkara yang gampang, termasuk fresh graduate atau yang baru lulus kuliah. Bahkan beberapa di antaranya ada yang kena blacklist perusahaan karena sudah melakukan hal-hal yang nggak menyenangkan perusahaan. Kalau kamu terkena blacklist-nya juga, mungkin ada penyebab kena blacklist perusahaan saat melamar pekerjaan yang nggak kamu sadari.

Penyebab kena blacklist perusahaan

Banyak kok yang nggak menyadari kalau pelamar kerja sudah terblacklist perusahaan. Tanda-tandanya, lamaran kamu sudah nggak lagi direspon ditambah reputasinya semakin buruk di lingkungan perusahaan itu. Nah, biar kamu nggak sampai mengalaminya, lebih baiknya kamu tahu dulu nih apa-apa saja yang bisa mengakibatkan kamu terblacklist perusahaan.

Mengirim Terus-terusan Lamaran Kerja

Lamaran kerja tentu sangat penting buat mendapatkan posisi yang diinginkan. Wajibnya, tiap pelamar kerja mengirimkan 1 lamaran kerja ke perusahaan impiannya. Nantinya kamu tinggal menunggu respon dari pihak HRD apakah kamu masuk ke tahap berikutnya atau nggak. Nah, tapi nggak jarang nih ada yang belum mendapatkan respon apa pun malah mengirimkan lagi lamaran kerjanya.

Kelakuan itu bukannya mendapatkan respon positif dari HRD tapi bisa-bisa kamu di blacklist perusahaan. Apalagi kamu yang mengirimkan lamaran kerjanya buat di posisi yang berbeda, pasti HRD akan menilai kamu bukan orang fokus sehingga dipandang sebelah mata.

Nggak Datang Interview

Interview merupakan tahap berikutnya setelah kamu mengirimkan lamaran kerja. Kalau HRD tertarik dengan lamaran kerjamu, mereka akan memanggilmu buat di interview, dalam artiannya mereka mau mencari tahu kepribadianmu apakah cocok di perusahaan mereka atau nggak. Karena interview sangat menentukan dirimu diterima atau nggak, kamu wajib banget datang.

Gimana kalau nggak datang? Kamu yang nggak datang interview bisa-bisa kena blacklist perusahaan karena dianggap mangkir panggilan interview mereka. Kamu yang nggak datang tapi mau minta interview lagi, pihak HRD nggak bakal meresponmu. Apa pun alasannya, kamu nggak bisa lagi meminta mereka melakukan interview kedua kalinya.

Meneror Perekrut

Saat interview, kamu dipegang oleh salah satu perekrutnya. Dia yang akan menghubungimu apakah kamu bisa diterima perusahaan atau nggak. Pastinya setelah interview, kamu harus menunggu beberapa jam atau bahkan sampai beberapa hari buat menunggu hasil akhirnya. Masalahnya, ada juga yang nggak sabar menanti hasil tesnya. Mereka yang nggak sabar biasanya menanyakan ke pihak perekrutnya nggak hanya sekali saja, tapi malah berkali-kali.

Lama kelamaan, perekrut nggak bakal menghubungi lagi karena sudah risih dan akhirnya di blokir nomor kontakmu. Meski kamu sudah lolos sekali pun, kamu tetap nggak akan terpanggil lagi karena sudah nggak sabar dan menerornya berkali-kali. Makannya, tunggu saja setidaknya selama 14 hari. Tapi kalau dalam waktu itu nggak ada panggilan apa pun lagi, lebih baik kamu mulai mencari kandidat pekerjaan yang baru.

Data Pelamar Bohong

Memberikan CV memang sangat penting buat melamar pekerjaan. Di dalamnya perlu dicantumkan beberapa data-data penting, mulai dari data diri, kontak yang gampang dihubungi, skill yang dimiliki, pengalaman kerja, lulusan sekolah, sampai pengalaman organisasi. Tentu kamu harus memberikan data-datanya yang lengkap, jelas, dan benar.

Tapi, gimana kalau kamu memberikan data bohong atau palsu? Wah, ini nih salah satu penyebab kena blacklist perusahaan saat melamar pekerjaan yang paling umum. Jangan dikira pihak perusahaan nggak mengecek data CV kamu. Malah ada juga yang sampai menghubungi kantor yang menjadi tempat pengalaman kerjamu sebelumnya. Makannya, isikan data CV kamu yang benar adanya saja.

Sudah paham kan apa yang menjadi alasan kamu terblacklist perusahaan saat mau lamar kerja di sana? Biar kamu nggak mengalaminya, hindari melakukan hal-hal di atas. Sekalinya kamu terblacklist perusahaan, kamu akan semakin susah mencari kerja lagi. Jangan sampai kamu termasuk yang di blacklist deh.

Banyak perusahaan besar di LokerSemar.ID

Bagikan
Follow LokerSemar.id Ikuti Kami