Bosan jadi karyawan? Jadi Owner Usaha Kedai Kopi Kekinian Aja!

Ketika kamu mulai bosen jadi karyawan, cobalah untuk memulai berbisnis sesuai dengan passionmu

Bikin Usaha Kedai Kopi Kekinian, Banyak Keuntungan

Bosan jadi karyawan? Jadi Owner Usaha Kedai Kopi Kekinian Aja! – kedai kopi, siapa yang tidak kenal dengan salah satu jenis usaha kuliner ini? Usaha kedai kopi memiliki pelanggan yang lumayan banyak setiap harinya, terutama dari kaum laki- laki. Tidak hanya pemuda yang berstatus sebagai pelajar SMA atau mahasiswa, para pekerja dan pengusaha pun banyak juga yang suka ngopi.

Apalagi saat ini minuman kopi mengalami banyak inovasi. Dengan berbagai kopi yang sudah ada, para pengusaha minuman kopi membuat terobosan baru dengan memadukan rasa khas kopi dengan buah, boba, maupun makanan yang lain. Oleh karena itu, tidak heran jika pengunjung kedai kopi kekinian mengular bak antrean pembeli tiket mudik lebaran.

Dengan banyaknya pengunjung yang datang, sudah tentu keuntungan yang didapatkan juga berlipat- lipat. Ada berbagai jenis usaha kedai kopi yang bisa kamu temui di berbagai tempat, seperti kedai kopi pinggir jalan dengan konsep lesehan, kedai kopi yang bentuknya cafe, ada juga kedai kopi yang bentuknya seperti restoran (jelas harga kopinya lebih mahal).

Hal- hal yang Harus Diperhatikan saat Membuka Usaha kedai Kopi

Nah, jika kamu tertarik untuk membuka usaha kedai kopi, maka pastikan kamu memperhatikan beberapa hal berikut ini agar usaha kedai kopi kamu laris manis didatangi pelanggan.

  1. Modal

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah modal. Modal adalah hal terpenting yang harus ada saat kamu akan membuka usaha kedai kopi. Agar tidak berhutang terlalu banyak, maka kamu bisa membuka usaha kedai kopi yang sekiranya sesuai dengan budget kamu.

Jangan malu untuk membuat usaha kedai kopi kecil-kecilan, karena jika kamu pandai mengelolanya, suatu saat kedai kopi kecil kamu bisa menjadi kedai kopi yang besar.

  1. Lokasi dan konsep kedai kopi

Faktor lokasi juga menjadi hal penting yang harus kamu pertimbangkan. Sebaiknya kamu memilih lokasi yang dekat dengan daerah padat penduduk. Utamanya yang dekat dengan kampus, pabrik, kantor, dan sebagainya. Selain itu, pikirkan juga konsep kedai kopi kekinian yang unik.

Misalnya lesehan dengan bantal sebagai alas duduk ala-ala restoran jepang, atau bisa juga mengambil konsep kedai kopi dengan bangku panjang dan dindingnya dihias dengan mural atau doodle art dan sebagainya.

  1. Keterampilan

kamu juga harus memperhatikan keterampilan kamu atau orang yang kamu tunjuk sebagai barista dalam membuat dan menyajikan kopi. Keterampilan dalam meracik kopi juga menentukan rasa kopi yang kamu sajikan pada pelanggan.

Dengan rasa kopi yang pas dan sesuai dengan lidah pelanggan, peluang kedai kopi kamu untuk sukses juga semakin besar.

  1. Fasilitas tambahan

kedai kopi yang ramai pengunjung biasanya adalah kedai kopi yang tidak sekedar tempat untuk menikmati kopi sambil ngobrol santai dengan sahabat, atau rekan kerja. Tapi juga bisa digunakan sebagai tempat mengerjakan tugas, nonton bareng, bermain game online, ataupun memainkan game papan bersama teman, sahabat, atau rekan kerja.

Oleh karena itu, jika kamu berniat membuka usaha kedai kopi, fasilitas tambahan yang bisa menarik pelanggan juga harus kamu perhatikan. kamu bisa menambahkan fasilitas wifi gratis, TV lcd, atau proyektor, juga permainan papan seperti catur, dan sebagainya

Nah, bagaimana? Apakah kamu sudah siap untuk membuka usaha kedai kopi milik kamu sendiri?  itulah hal-hal yang harus kamu perhatikan saat kamu berniat untuk membuka usaha kedai kopi. Terimakasih sudah membaca artikel ini, selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

Ikuti updatean loker di LokerSemar.ID

Bagikan
Follow LokerSemar.id Ikuti Kami