Hal-Hal Sederhana yang Membuat Bekerja Jadi Menyenangkan

Terkadang rutinitas membuat kita bosan bahkan stres dengan segala tekanan baik dari pekerjaan, atasan bahkan dari rekan kerja

Bekerja Menyenangkan

Hal-Hal Sederhana yang Membuat Bekerja Jadi Menyenangkan – Tidak jarang, pekerjaan yang dilakukan terus-menerus kerap membuat hari-hari menjadi membosankan, jenuh, dan melelahkan. Rutinitas yang begitu-begitu saja, memang memiliki risiko tinggi menimbulkan stress sehingga mengurangi kebahagiaan sehari-hari. Oleh sebab itu, seseorang pun butuh refreshing atau penyegaran diri setidaknya seminggu sekali dengan beristirahat. Namun, sebenarnya ada cara-cara sederhana dan mudah dilakukan untuk menghindari stres saat bekerja. Cara ini bisa kamu terapkan pada aktivitas sehari-harimu sehingga rutinitas bekerjamu pun jadi lebih menyenangkan.

Langkah Mudah untuk Menjalani Aktivitas sebagai Pekerja

  1. Cobalah memadukan tujuan hidup dan tujuan bekerja

Biasanya, seseorang cenderung merasa bahwa tujuan ia bekerja sekadar untuk mencari uang atau mengincar sebuah jabatan. Lalu kemudian lupa tentang tujuan hidupnya sendiri. Sehingga ketika pekerjaannya menjadi lebih intens dan melelahkan, sementara uang yang didapat tidak mengalami perubahan yang signifikan, cenderung akan berujung stress dan memengaruhi kebahagiaan secara keseluruhan.

Padahal, sebenarnya ketika kamu bekerja, kamu bisa sekaligus membuat tujuan lain yang bisa memengaruhi hidupmu pula. Misalnya, kamu bekerja untuk bermanfaat bagi orang lain, serta mengembangkan cita-citamu. Maka kamu akan memiliki rencana ke depan yang lebih matang, yang tidak hanya berorientasi pada uang dan jabatan. Inilah mengapa, penting sekali untuk bekerja sesuai dengan bidang yang kamu minati.

  1. Mulai bagi waktu dengan lebih baik

Salah satu yang membuat pekerjaan jadi menjenuhkan adalah karena rutinitas yang memang begitu-begitu saja. Pagi bekerja, sore pulang, malamnya waktu habis untuk istirahat. Kejenuhan tersebut sering kali membuat seseorang merasa kosong dalam dirinya, sehingga ketika bekerja pun menjadi tidak menyenangkan.

Untuk mengatasinya sebenarnya cukup simple, kamu hanya perlu mengatur waktu untuk kegiatan sehari-hari. Misalnya, dalam sehari meluangkan waktu untuk setengah jam untuk membaca, melukis, bermain musik, berbaring tanpa melakukan apa-apa, atau kegiatan apa saja yang mampu membuatmu merasa senang.

  1. Coba manfaatkan waktu ketika di perjalanan

Permasalahan yang banyak dihadapi para pekerja adalah waktu yang sering habis dalam perjalanan pergi dan pulang ngantor. Apalagi kadang perjalanan tersebut membuatmu sangat suntuk karena macet, atau angkutan umum yang datang terlambat. Supaya kamu tidak stres karena hal tersebut, kamu sebenarnya bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk melakukan banyak hal yang menyenangkan. Misalnya dengan mendengarkan musik, membaca komik, mengecek email ketika belum sampai kantor, atau hal-hal lain yang bermanfaat.

  1. Sempatkan menghirup udara segar untuk menenangkan pikiran

Ketika kamu benar-benar lelah dengan pekerjaanmu saat berada di kantor, cobalah untuk berhenti sejenak, lalu keluar mencari udara segar selama beberapa menit. Menghirup udara segar akan membuat pikiran jadi tenang kembali, sehingga kamu bisa melanjutkan pekerjaan dengan hati yang lebih bahagia.

  1. Olahraga

Sebagai seorang pekerja kantoran, mungkin kamu sangat sibuk sehingga tidak memiliki waktu olahraga. Padahal, sebenarnya kamu bisa olahraga 5 sampai 10 menit saja di rumah. Banyak gerakan-gerakan olahraga yang mampu membantu menjaga kebugaran jasmani. Sebab, tubuh yang sehat juga akan berpengaruh pada mood sehari-hari, yang mana mood jadi lebih baik, dan bahkan mampu meredakan stres berlebihan yang dialami.

  1. Meluangkan sedikit waktu untuk mensyukuri hidup

Apabila ingin selalu merasa nyaman dan bahagia ketika bekerja, cara paling baik adalah mensyukuri kehidupan yang kamu miliki saat ini juga. Bersyukur bahwa kamu masih memiliki pekerjaan, masih memiliki pakaian yang layak, dapat makan, dapat minum, memiliki teman, keluarga, dan apa pun itu. Hal ini efektif untuk meredakan stres sehingga kamu juga akan memiliki pikiran yang lebih positif.

Temukan info loker di LokerSemar.ID

Bagikan
Follow LokerSemar.id Ikuti Kami