Jangan Takut Jika Sudah Menerapkan Tips Interview Kerja Ini

Tips menjalani interview kerja, agar kamu lolos diterima kerja di perusahaan dengan mudah

Tips Interview Kerja

Tips Interview Kerja – Interview kerja adalah momen yang paling mendebarkan ketika melamar pekerjaan. Bagaimana tidak, fase ini merupakan fase penentuan karena dari interview inilah HRD bisa mengetahui kualitas dari para pelamar pekerjaan. Untuk memperbesar kemungkinan Anda lolos, lakukan tips interview kerja berikut ini.

Tips Sukses Interview Kerja

  1. Memakai baju rapi

Penampilan Anda adalah hal pertama yang akan dilihat oleh HRD perusahaan. Oleh karena itu, manfaatkan kondisi tersebut dengan cara berpenampilan maksimal. Gunakan baju berwarna biru atau putih untuk menimbulkan kesan rapi dan terorganisasi. Lengkapi dengan menggunakan celana bahan warna hitam dan sepatu. Hal ini akan menjadikan kesan pertama Anda bagus di mata HRD.

  1. Menirukan gerak tubuh pewawancara

Cara ini sebenarnya bisa digunakan dalam berbagai situasi ketika sedang berbincang-bincang dengan orang lain. Teknik bunglon atau meniru bahasa tubuh lawan bicara sangat bagus diterapkan pada wawancara kerja. Perhatikan bahasa tubuh dari pewawancara dan tirukan. Ketika pewawancara mencondongkan badan ke depan, condongkan juga badan Anda ke depan. Tiru juga bagaimana pola gerak tangan pewawancara.

Selain gerak tubuh, perhatikan juga tempo dan nada bicara pewawancara. Jika pewawancara menggunakan tempo bicara sedang dengan nada rendah, lakukan hal yang sama. Jika teknik ini Anda lakukan dengan benar, pewawancara akan merasa bahwa Anda adalah orang yang menarik dan enak untuk diajak berdiskusi dan berbincang-bincang.

  1. Melakukan kontak mata

Ketika sedang dalam proses wawancara, Anda harus melakukan kontak mata dengan pewawancara. Terlalu sering menunduk atau mengalihkan pandangan dari pewawancara akan menimbulkan kesan negatif dari diri Anda. Menurut sebuah penelitian, melakukan kontak mata ketika sedang berbicara akan membuat Anda terlihat lebih percaya diri dan juga cerdas.

  1. Berbicara dengan baik

Ketika sedang menjawab pertanyaan dari pewawancara, jangan pernah menggunakan nada monoton. Berikan variasi nada agar Anda terlihat energik dan bersemangat terhadap pekerjaan yang sedang Anda lamar. Berlatihlah beberapa hari di depan cermin sambil merekam dengan alat perekam. Pelajari apakah nada yang Anda gunakan sudah enak didengar apa belum.

  1. Gunakan gestur bantu tangan

Gestur tangan Anda juga akan menentukan karena akan memberikan kesan tersendiri. Jangan terlalu sering menempelkan tangan di paha atau menyembunyikan telapak tangan Anda. Selain itu, jangan lipat tangan Anda atau sering mengetuk-ngetukkan jari. Biarkan telapak tangan Anda terbuka dan menyatukan jari-jari kedua tangan hingga membentuk segitiga. Hal ini akan membuat kesan Anda percaya diri.

  1. Bersiap menjawab pertanyaan tidak nyaman

Pewawancara biasanya akan melemparkan beberapa pertanyaan yang akan membuat Anda merasa tidak nyaman ketika menjawab. Beberapa pertanyaan tersebut antara lain alasan kenapa Anda mengundurkan diri dari pekerjaan Anda sebelumnya, berapa gaji yang diminta, apakah Anda bersedia bekerja di daerah terpencil, dan sebagainya. Jawablah dengan jujur dengan argumen Anda sendiri.

  1. Jangan terlalu mengunggulkan diri sendiri

Saat HRD menanyakan tentang kelebihan Anda, Anda memang harus menjabarkan mengenai apa yang menjadi nilai kekuatan Anda. Namun, Anda harus mengetahui batasan-batasannya agar pewawancara tidak memandang sebagai orang yang sombong. Sampaikan kelebihan yang memiliki korelasi dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Bagaimana? Sudah mulai percaya diri sebelum melamar pekerjaan? Yang paling penting saat interview kerja adalah selalu merasa percaya diri dan yakin bahwa Anda mampu memberikan dampak positif kepada perusahaan. Dengan begitu, pihak perusahaan akan mempertimbangkan Anda untuk melihat potensi perusahaan bisa berkembang dengan adanya Anda.

Temukan loker Semarang terbaru yang tepat untukmu dengan mudah di LokerSemar.id

Bagikan
Follow LokerSemar.id Ikuti Kami