Tips Bekerja Efektif selama Work from Home

Cara ampuh meningkatkan efektivitas dalam bekerja selama pandemi Corona

Tips Bekerja Efektif

Tips Bekerja Efektif – Di masa pandemi Corona ini, tentu saja banyak karyawan yang dihimbau untuk melakukan pekerjaan di rumah atau biasa disebut dengan WFH.

Tentu saja, WFH atau Work from Home ini dimaksudkan sebagai upaya dalam menekan laju virus Corona (Covid-19) yang sampai detik ini masih terus bertambah penderitanya.

Karena itu, untuk mengurangi kontak fisik dan kerumunan, tentu saja bekerja dari rumah adalah tindakan tepat guna menekan tingkat kerumuman di kantor. Sehingga, akan lebih efektif dalam menekan mata rantai penyebaran virus ini.

Namun, bagaimana dengan pekerjaannya? Apakah terbilang masih efektif sebagaimana bekerja di kantor?

Tentu saja, akan ada banyak perbedaan mengingat lingkungan yang juga berbeda ketika bekerja di kantor maupun di rumah. Tetapi, kebanyakan justru efektivitas kerja berpotensi menurun jika bekerja di rumah. Lantas, apa sih solusi tips bekerja efektif selama pandemi Corona ini?

Nah, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan guna mempertahankan tingkat efektivitas sekaligus efisiensi pekerjaan. Mau tahu?

Berikut ini adalah tips bekerja efektif di tengah-tengah pandemi virus Covid-19. Yuk, kita simak bersama ulasan lengkapnya.

Tips Bekerja Efektif selama Pandemi Corona

Ada beberapa tips yang cukup bermanfaat bagi Anda yang tengah melakukan aktivitas Work from Home (WFH) karena pandemi ini. Yuk, cari tahu info lengkapnya.

  • Mengatur Jadwal Harian yang Pas

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan efektivitas dalam bekerja adalah dengan membuat sebuah catatan terkait dengan jadwal harian Anda.

Catat hal apa saja yang akan Anda lakukan selama sehari. Prioritaskan hal-hal penting yang berkenaan dengan peningkatan produktivitas dalam bekerja.

  • Menentukan Prioritas

Jika sudah dicatat apa saja hal yang akan dilakukan, usahakan untuk memilah aktivitas mana saja yang menurut Anda menjadi prioritas.

Upayakan bahwa prioritas di sini adalah hal penting yang wajib atau perlu dikerjakan terlebih dahulu. Dengan demikian, maka pekerjaan Anda akan jauh lebih tertata dan terfokus sehingga efektivitas pun kembali naik.

  • Tetapkan Waktu antara Jam Kantor dan Jam di Rumah

Selain itu, Anda juga harus pandai-pandai mengatur waktu dan membedakan antara jam bekerja sebagaimana waktu bekerja di kantor dengan urusan personal di rumah.

Usahakan untuk menentukan batasan waktu untuk setiap pekerjaan yang Anda kerjakan. Sehingga, target pekerjaan akan bisa selesai tepat pada waktunya.

  • Pastikan Waktu Istirahat yang Pas dan Ideal

Nah, tips bekerja efektif yang perlu Anda lakukan adalah selalu memilih waktu istirahat yang pas. Karena, tanpa istirahat tentu saja efektivitas bekerja menjadi jauh lebih turun.

So, meskipun bekerja di rumah, agar pekerjaan menjadi bisa berjalan secara efektif maka Anda perlu untuk membagi waktu istirahat yang ideal dan pas untuk menjamin aktivitas karyawan dalam kondisi yang sehat dan fresh.

Nah, selain beberapa tips atau langkah di atas, Anda juga bisa mencoba mendengarkan musik saat bekerja ataupun sedikit selingan menonton video di platform YouTube.

Langkah ini memang terbilang kurang baik hanya saja akan membangkitkan efisiensi dan semangat dalam bekerja karena ada hiburan yang terbilang cukup mampu menghibur.

Tak sampai soal itu saja, bahkan hal terpenting dalam menjaga agar bekerja menjadi semakin produktif dan efektif meskipun di era Corona pandemic ini, Anda bisa menggunakan media sosial sebagai tempat bercengkarama yang efektif dan efisien bersama teman maupun sahabat.

Maka oleh sebab itu, beberapa langkah mengenai tips bekerja efektif saat WFH seperti ini bisa menjadi salah satu jalan keluar atau solusi terbaik bagi Anda, khususnya yang tengah mencari pekerjaan.

Lihat lowongan kerja Semarang terbaru secara mudah di LokerSemar.id

Bagikan
Follow LokerSemar.id Ikuti Kami