Catat 7 Tips Bermanfaat di Hari Pertama Kerja Berikut Ini!

Hari pertama bekerja memerlukan beberapa tips untuk beradaptasi bagi karyawan baru agar bisa melakukan pekerjaan secara optimal ke depannya

Hari pertama bekerja

Tips di Hari Pertama Bekerja – Memberikan kesan pertama yang baik merupakan hal yang harus dilakukan siapa saja, terlebih jika menyangkut dunia kerja. Bagi Anda yang baru saja diterima di tempat kerja impian, tampil di hari pertama bekerja dapat menjadi suatu hal menegangkan bagi Anda.

Karena tak jarang banyak yang merasa takut dan bingung mengenai apa yang harus dilakukan, harus bersikap seperti apa, dan pertanyaan-pertanyaan lain. Agar tak canggung dan percaya diri, simak 7 tips di bawah ini sebagai persiapan di hari pertama bekerja.

Persiapan di Hari Pertama Bekerja

  1. Datang Tepat Waktu

Hal pertama yang harus dilakukan untuk membangun kesan baik adalah datang bekerja tepat waktu. Karena kesan pertama ini dapat menentukan kesan Anda selanjutnya, untuk itulah Anda harus dapat membuat impresi baik tak hanya bagi atasan namun juga sesama rekan kerja. Dengan hadir tepat waktu, dapat memperlihatkan sisi kedisiplinan dari dalam diri Anda.

  1. Menemui Atasan

Umumnya di hari pertama masuk, karyawan baru tidak langsung bekerja. Untuk itulah Anda dapat menemui atasan Anda secara langsung. Karena menemui atasan secara langsung di hari pertama masuk dapat mencerminkan rasa hormat, salah satu langkah untuk lebih dekat dengan atasan, hingga sebagai ajang untuk bertanya mengenai tugas dan tantangan Anda nantinya.

  1. Mengajak Berkenalan

Karena Anda akan bekerja dengan banyak orang di satu divisi, tak perlu merasa sungkan untuk mengajak berkenalan rekan kerja Anda. Bangun suasana hangat dan bersahabat sebagai kesan pertama yang baik bagi mereka. Selain itu Anda perlu untuk cepat menyesuaikan diri tak hanya dengan lingkungan kerja, namun juga dengan rekan satu divisi Anda.

  1. Meninjau Lingkungan Kerja

Meninjau lingkungan kerja Anda juga menjadi hal penting yang wajib dilakukan di hari pertama masuk. Ketika Anda diajak untuk berkeliling melihat suasana kantor, Anda bisa memperhatikan bagaimana karyawan lain bekerja, dimana lokasi kantin, WC, tempat ibadah, hingga bertanya mengenai bagaimana prosedur keselamatan di gedung tersebut.

  1. Jangan Malu Bertanya

Jika ada suatu hal yang belum Anda mengerti, tak perlu ragu untuk bertanya misalnya di saat briefing atau meeting. Dengan mengajukan pertanyaan, keberadaan Anda pun akan terlihat oleh rekan kerja ataupun atasan Anda.

  1. Hindari Pulang Tepat Waktu

Jika Anda dituntut untuk datang bekerja tepat waktu, namun lain halnya ketika pulang bekerja. Meskipun waktu sudah menunjukkan jam pulang, hindari terburu-buru pulang tepat waktu. Sisihkan waktu sebentar kurang lebih 10 menit melewati jam seharusnya Anda pulang, guna memperlihatkan komitmen baik pada pekerjaan Anda.

  1. Mengingat Nama Rekan Kerja

Tak sedikit yang memiliki ingatan buruk ketika mengingat nama seseorang terlebih di hari pertama kerja. Jika Anda salah satunya, tak perlu ragu untuk mencatat nama mereka di notes kecil setelah Anda berkenalan.

Lakukan Hal Ini Agar Tak Gugup di Hari Pertama Bekerja!

Gugup di hari pertama bekerja merupakan hal lumrah yang banyak dirasakan karyawan baru. Untuk menghindarinya, lakukan hal di bawah ini:

  • Bangun Lebih Pagi

Untuk menghindari datang terlambat sehingga menimbulkan kekacauan di hari pertama bekerja, ada baiknya Anda bangun lebih pagi dari biasanya. Namun tak hanya karena itu, bangun lebih pagi membuat Anda dapat mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pekerjaan dan juga membuat tubuh lebih segar.

  • Makan Siang Bersama

Ketika sudah tiba waktu istirahat, Anda dapat bergabung dengan rekan kerja Anda untuk makan siang bersama. Ajak mereka makan bersama guna menghilangkan rasa gugup dan canggung.

Itulah tips bermanfaat yang bisa Anda coba lakukan di hari pertama bekerja. Tetap semangat!

Lihat lowongan kerja Semarang terbaru secara mudah di LokerSemar.id

Bagikan
Follow LokerSemar.id Ikuti Kami